Pages

Selasa, 23 Juni 2015

Review Film TPB AFK



Pada awal abad 21 pirate bay menjadi situs file sharing terbesar didunia, tetapi pada tahun 2008 hollywood dan industri media mengajukan gugatan terhadap pihak yang menjalankan situs tersebut. Pihak pada TPB  yang di gugat Gottfrid SW sebagi teknisi, Fredrik N sebagai web desain , dan peter S sebagai juru bicara. Dalam film ini pihak penggugat mempermasalahkan tentang hak cipta atas produksinya dan mengklaim kerugian sangat besar dari produksinya karena telah tersebar luas dengan mudahnya tanpa ada royalti atau bisa dibilang gratisan di dunia maya. Sedangkan situs TPB mengambil keuntungan yang sangat besar dari share hasil produksi pihak penggugat. Keuntungan itu didapat dari banyaknya iklan yang ada pada
situs tersebut, pihak laboratorium forensik menemukan 64 iklan yang 1 iklannya saja 500 dollar per minggu.  Pihak yang digugat disepanjang film ini tidak bisa banyak membela diri dikarenakan terpojok oleh pertanyaan peryataan dari pihak penggugat. Alhasil pihak tergugat kena vonis 1 tahun penjara atas pelanggaran turut membantu pelanggaran hak cipta. Akhirnya Pihak pengadilan memutuskan hukuman penjara Fredrik 10 bulan peter 8 bulan carl 4 bulan dan denda sebesar 6,6 juta dollar. Fredrik dan gottfrid melarikan diri ke laos dan kamboja sehingga menjadi buronan Interpol tetapi gottfrid  tertangkap dan dideportasi ke swedia karena tinda krminal dan perbuatan hacking.


menurut pengamatan saya TPB ini tidak sepenuhnya salah dalam pelanggaran hak cipta karena dia hanya sebagai wadah dalam situs berbagi file itu. Pelanggar hak cipta sebenarnya para uploader karena dia yang membagi file yang seharusnya tidak boleh dibagi jika belum mendapat ijin dari pihak si produksinya.



Dari screenshot diatas menurut saya memang benar, tetapi seharusnya uploader juga dicari dan divonis hukuman agar terlihat hokum yang adil. Mungkin menrut saya TPB ini menjadi sasaran karena web berbagi file  terbesar dari situs lainnya pada saat itu. Sebenarnya saya sedikit bingung pada penggugat kenapa begitu banyaknya situs berbagi file hanya TPB yang dituntut sampai sekarang. Padahal situs lain pun juga mengeshare dan mendapatkan keuntungan juga dari iklan.

               
Dari pihak pengadilannya juga sebenarnya memihak pada pihak penggugat dari cara memojokannya dan juga terlihat pada hakimnya nya sendiri satu  asosiasi dengan pihak hukum penggugat sebagai mana screenshot diatas. 











                                               


0 komentar:

Posting Komentar